Selasa, 30 November 2010

Penderita Diabetes Meningkat Tajam


Tribunnews.com - Selasa, 30 November 2010 07:23 WIB  

Penderita Diabetes Meningkat Tajam
ist
Ilustrasi
  
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM
- Penyakit Diabetes Melitus (DM) atau lazim disebut kencing manis merupakan salah satu dari beberapa penyakit kronis yang ada di dunia. Tingkat penyebaran yang sangat progresif. Peningkatan kasus penderitanya pun terjadi cukup tajam.

Peningkatan yang sangat tajam terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Jika pada 1985 diperkirakan 30 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes. Sepuluh tahun kemudian angka tersebut meningkat menjadi 150 juta orang.

Saat ini menurut Federasi Diabetes Internasional angkanya telah mencapai 285 juta orang dam diperkirakan akan terus meningkat sampai dengan 438 juta orang di tahun 2030.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2008 mencatat sekitar 8,4 juta orang Indonesia menderita diabetes. Angka ini diperkirakan akan mencapai 21,3 juta orang di tahun 2030. Dan ini menjadikan Indonesia berada para peringkat 4 di dunia untuk penderita diabetes tertinggi setelah Cina, India, dan Amerika Serikat .

Penyakit Diabetes Mellitus terjadi manakala jumlah atau konsentrasi glukosa atau gula di dalam darah melebih keadaan normal. Konsentrasi gula darah dikatakan normal bila dalam keadaan puasa di pagi hari tidak melebihi 100 mg/dL.

Sementara seseorang dikatakan mengidap Diabetes Mellitus ketika konsentrasi gula darah dalam keadaan puasa di pagi hari lebih atau sama dengan 126 mg/dL, dan 2 jam setelah makan akan sama atau lebih dari 200 mg/dL .

Diabetes merupakan penyakit atau kelainan yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi, yang disebabkan karena kekurangan hormon insulin yang berfungsi membantu tubuh mendapatkan energi dari makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar